Seminar Asia Pacific Network Awards Roadshow 2015

APN-Roadshow01

 

Pada tanggal 21 September 2015 lalu acara Asia Pacfic Network Awards Roadshow diadakan di Jakarta Design Center, Jl. Gatot Subroto Kav 53, Jakarta. Acara ini merupakan roadshow atau pertunjukan keliling yang diadakan di 18 GBC di wilayah Asia Pasifik. Tujuan dari acara ini adalah memperkenalkan para juara yang terpilih dari World GBC (Green Building Council) Asia Pacific Leadership in Green Building Awards untuk membagikan pengalaman-pengalaman mereka di dunia industri bangunan hijau.

 

Tiga juara yang terpilih untuk membagikan pengalaman mereka adalah Esther An, pemenang Business Leadership in Sustainability; Phil Smith, pemenang Leadership in Sustainable Design and Performance; dan HC Vinayaka, pemenang dari Business Leadership in Sustainability. Selain para pemenang, Bapak Ignesz Kemalawarta selaku direktur dari Sinarmas Land juga membagi pengalaman nya

 

Acara dimulai dengan sambutan dari Chairperson GBC Indonesia, Ibu Naning Adiwoso. Pada sambutannya, Ibu Naning Adiwoso memaparkan tujuan dari acara ini juga pentingnya isu pemanasan global saat ini, khususnya di Indonesia, dan peran GBC Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembicara-pembicara, dimulai dengan ibu Esther An dari Singapur. Sebagai direktur dari City Developments Limited, salah satu developer terkemuka di Singapur, ibu Esther An membagikan pengalaman nya tentang perkembangan developernya, strategi apa saja yang dilakukan oleh perusahaan nya dalam mendukung gerakan berkelanjutan, dan langkah apa yang akan dilakukan masa depan. Beliau juga menyebutkan telah memasang target mengurangi 22% emisi karbon pada tahun 2020 dan 25% pada tahun 2030.

 

Dilanjutkan oleh pembicara selanjutnya, Phil Smith dari New Zealand. Phil yang sebelumnya telah tinggal dan berpraktek di Inggris, sekarang memutuskan untuk tinggal dan melanjutkan prakteknya di New Zealand. Proyek di yang membawa dia menjadi pemenang adalah TeMirumiru Childcare Center, New Zealand. Dalam sesinya Phil memaparkan konsep dari TeMirumiru Childcare Center, menyangkut tradisi dan kepercayaan setempat, juga strategi desain pasif yang ia terapkan seperti cahaya alami, insulated earth roof, konservasi air hujan dan sistem pemanas air dari matahari di bawah atap. Hasilnya bangunan ini lebih efisien 70 persen dari bangunan-bangunan lain yang serupa.

 

Pembicara ketiga adalah HC Vinayaka, ketua dari bagian EHS (environment, health and safety) & Sustainability di divisi hotel perusahaan ITC Limited, India. Dalam sesinya HC menjelaskan peran perusahaan ITC Limited, jaringan perhotelan mewah terbesar di India, dalam memberikan kenyamanan dan kemewahan kepada klien, tetapi tetap berkelanjutan – sustainable luxury. Ia menggaris bawahi bahwa walaupun dengan menerapkan konsep berkelanjutan di jaringan hotelnya, ITC Limited tetap menjadi perusahaan jaringan hotel yang memiliki untung paling besar di dunia.

 

Pembicara terakhir adalah Bapak Ignesz Kemalawarta, direktur dari Sinarmas Land yang memaparkan konsep berkelanjutan yang diterapkan oleh Sinarmas Land dalam proyek BSD City. Seperti salah satu proyeknya adalah Green Office Park 6 yang telah mendapatkan sertifikasi GREENSHIP Gold, juga usaha-usaha lainnya yang dilakukan BSD City untuk menuju Indonesia yang berkelanjutan.

 

APN-Roadshow02 APN-Roadshow03

Setelah sesi pembicara berakhir dan setelah makan siang, acara selanjutnya adalah Mini Charrette, dimana peserta dibagi menjadi empat kelompok yang akan berdiskusi untuk mencari solusi akan sebuah permasalahan, yang pada acara ini merupakan sebuah proyek lokal, yang dibawakan oleh Bapak Iwan Prijanto, seorang praktisi.

 

Akhir acara ditutup dengan sharing kesan dan pesan dari acara roadshow ini, dan diakhiri dengan kesan dan pesan dari Nelie Cheng, wakil dari WGBC (World Green Building Council)

 

(mel)

***