PERTEMUAN PERUMUSAN METODA TESTING COMMISSIONING SYSTEM AC VRF

Pertemuan Perumusan Metoda Testing Commissioning System AC VRF

Pertemuan Perumusan Metoda Testing Commissioning System AC VRF

Untuk memenuhi tolok ukur BEM 4 pada GREENSHIP NB, perlu dilakukan proses Testing Commissioning (TC) untuk system AC utama gedung untuk membuktikan kinerjanya setelah terpasang. Metoda yang umum digunakan adalah ASHRAE Guideline 0. Proses ini menjadi lebih mudah ketika dilakukan pada AC system Sentral, baik perpendingin air maupun udara. Tetapi menjadi kurang sesuai ketika akan diterapkan pada AC split dan VRF. Karena itu GBCIndonesia mengambil inisiatif dan menginisiasi diskusi mengundang industri AC di Indonesia untuk berdiskusi dan menyepakati metoda yang paling sesuai.

Bekerjasama dengan ASHRAE Indonesia Chapter (AIC) dan didukung oleh Daikin, maka diadakan pertemuan pada Jumat 31 Mei 2013. Diskusi menghadirkan Narasumber dari Daikin Industries LTD sebagai pembicara, yaitu:

  1. Mr. TooruInazuka Director of Environment Technology Laboratory

  2. Mr. Sumio Shiochi Manager of Environment Technology Laboratory

  3. Mr. Shigeki Kametani Professor of “Tokyo University of Marine Science & Technology (National University) & Authority of Commissioning VRV

Masing-masing memperkenalkan berbagai usulan metoda, studi kasus dan hasil riset yang selama ini telah dilakukan di Jepang.

Diskusi juga mendatangan para ahli dan praktisi dari AIC, yaitu: Bpk Soufyan Nurbambang, Prof Budihardjo dan Deddy El Rashid. Juga dihadiri wakil Industri AC yang menerapkan system VRF, yaitu Panasonic, Fujitsu, Aicool, Tata Solusi Pratama, Daikin Indonesia dan Daikin Airconditioning (Singapore) PTE,LTD.

Diskusi dibuka oleh Direktur Sertifikasi GBCIndonesia, Bpk Rana Yusuf Nasir menerangkan bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah untuk merumuskan suatu metoda yang dapat disepakati dan diterima semua pihak untuk digunakan dalam proses TC AC system VRF. Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Bpk Soufyan Nurbambang, sepakat bahwa metode yang paling sesuai adalah dengan Compressor Curve, namun untuk penerapannya masih diperlukan koordinasi internal dengan industry dan penelitian lebih lanjut untuk dapat diterapkan dengan lebih akurat dengan kondisi di Indonesia.

Untuk selanjutnya akan ditentukan pilot project di Indonesia sebagai pengujian akurasi metode ini. Bila hasil pilot dapat diterima maka langkah selanjutnya adalah merumuskannya sehingga aplikatif. Diharapkan hasil akhir dari proses ini adalah metode TC AC system VRF pertama di dunia.(LES)

by: Lestari Suryandari – Certification Manager GBCIndonesia