Perayaan Pengakuan Desain GREENSHIP New Building Kantor Bank Indonesia, Solo

Green Building Council Indonesia menghadiri perayaan resmi beroperasinya Gedung Kantor Bank Indonesia, Solo yang telah mendapatkan Pengakuan Desain GREENSHIP New Building Platinum Jumat,  Oktober 2012 lalu. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur BI dan Wakil Gubernur Solo. Pada kesempatan ini, GBC Indonesia diwakili Chairperson, Ibu Naning Adiwoso.

Acara tersebut merayakan banyak hal, dimana selain gedung pertama di Solo yang menerapkan konsep bangunan hijiau, juga gedung pertama di jalan Sudirman Solo yang tidak berpagar mencerminkan prinsip keterbukaan. Secara arsitektural, gedung tersebut juga memiliki keistimewaan dimana terjadi difusi bangunan modern dengan sekitarnya yang klasik kolonial.

Gedung BI ini direncanakan menjadi obyek proyek percontohan proses Proper Testing Commisioning (TC) yang akan didokumentasikan. Hasil laporan program ini akan menjadi bahan sosialisasi praktek TC di Industri gedung Indonesia dan menjadi bahan training untuk mencetak Commisioning Authority di Indonesia.

(LES)