Green Building Gold Certification Ceremony – Sampoerna Strategic Square

Jakarta, 27 September 2012

Satu lagi gedung telah berhasil mencapai sertifikasi GREENSHIP Gedung Terbangun (Existing Building) di Jakarta, yaitu Sampoerna Strategic Square (SSS). Sebagai salah satu bangunan iconic di Jakarta dan menjadi gedung perkantoran dengan tenant yang sebagian besar adalah multi-national company, SSS melihat bahwa kebutuhan akan sertifikasi itu antara lain adalah untuk memastikan bahwa tenant mereka merasa nyaman dengan bangunan mereka. Selain itu, bangunan hijau juga memberikan kondisi yang lebih sehat bagi penghuni bangunan yang tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi gedung SSS. Untuk tahun kedepan, SSS menargetkan akan mencapai sertifikasi GREENSHIP Platinum.

Pict. 1  GBC Indonesia bersama dengan team Green Building PT. Buana Sakti

Green Building Council Indonesia Bersama Tim Green Building PT Buana Sakti

Dalam acara Certification Ceremony yang dihadiri oleh Todd Lauchlan, Country Head Jones Lang LaSalle Indonesia, Rana Yusuf Nasir dari GBC Indonesia serta perwakilan tenant-tenant SSS, General Manager SSS, Bapak Sentosa Sitia melakukan presentasi mengenai tindakan-tindakan yang dilakukan SSS dalam usahanya mencapai Sertifikat GREENSHIP Gold. Pendekatan green building yang dilakukan oleh SSS antara lain melalui penggantian appliances khususnya untuk water fixture, dan melakukan water treatment yang hasil recycle-nya digunakan pada lansekap dan cooling tower. Selain itu dilakukan pula manajemen sampah dengan pemisahan sampah organik, anorganik dan berbahaya. Untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan maka diberlakukan Non Smoking Area dan pembentukan green team dalam manajemen gedung untuk memastikan bahwa fitur-fitur green building ini berjalan.

Sampoerna Strategic Square sebagai gedung perkantoran juga melihat bahwa dengan adanya sertifikasi Green Building akan menambah nilai positif SSS di mata para tenant. Dalam paparannya pada acara ini, bapak Anton Sitorus dari Jones Lang Lassale menyebutkan harga sewa kantor di Jakarta saat ini telah setara dengan kondisi sebelum krisis tahun 1998.

Ini menunjukkan bahwa Indonesia, khususnya Jakarta, mendapatkan respon positif dari pelaku usaha dunia dan menjadi sasaran pasar yang menjanjikan. Indonesia saat ini bahkan termasuk dalam 10 besar sasaran pasar dunia yang tentu saja berpengaruh pada meningkatnya harga sewa pada bangunan perkantoran.

Pict. 2 Presentasi Bapak Rana Yusuf Nasir

Pict. 2 Presentasi Bapak Rana Yusuf Nasir

Dalam acara ini pula, Bapak Rana Yusuf Nasir selaku perwakilan dari Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) memberikan paparan mengenai alasan mengapa gedung-gedung di Indonesia perlu untuk menjadi Green Building. Sertifikasi Gedung Hijau atau Green Building bukan sekedar suatu bentuk pemberian label, yang diperlukan adalah komitmen dari pelaku bangunan untuk mengubah perilaku untuk menjadi ramah lingkungan.

Puncak acara ini adalah penyerahan sertifikat GREENSHIP Existing Building dengan pencapaian Gold dari GBC Indonesia kepada bapak Sentosa Sitia, sebagai perwakilan Samporna Strategic Square.

Pict. 3 Todd Lauchlan, Rana Yusuf Nasir & Sentosa SItia

Todd Lauchlan, Rana Yusuf Nasir dan Sentosa Sitia (dari kiri kekakan)

Pict. 4 Penyerahan GREENSHIP Sertifikat

Penyerahan Sertifikat GREENSHIP

(Anggita)