Anugerah ITB kepada Chairperson GBC Indonesia

Jakarta, 4 Juli 2013

Sekilas cerita mengenai Ibu Naning Adiwoso, Chairperson Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia). Beliau merupakan salah satu dari Core Founder GBC Indonesia, yang kemudian pada saat pendirian GBC Indonesia pada tahun 2009, diminta untuk menjadi Chairperson. Jabatan ini dipegang beliau selama dua periode hingga saat ini. Beliau juga merupakan salah seorang Founding Member/Pendiri dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Co founder of World Toilet Organization, Founder/Pendiri dan juga Chairperson dari Indonesian Interior Architecture Space Resource Center (INIAS-Resource Center).

Ibu Naning-ITB

Gbr.1 Ibu Naning beserta dengan penerima penghargaan lain dan rektor ITB

Keterlibatan beliau dalam bidang lingkungan bermula lebih dari 10 tahun yang lalu dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI). Misi ATI adalah menggalang kepedulian berbagai pihak dan bersama-sama menciptakan Indonesia yang bersih, sehat dan ramah lingkungan. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Ibu Naning menekankan pentingnya keberadaan toilet bersih di Bandara-bandara Indonesia yang merupakan pintu gerbang dari citra pariwisata Indonesia. Gerakan ini juga digalakkan ke sekolah-sekolah serta masyarakat secara kontinu. Perubahan mindset ini tentulah bukan pekerjaan mudah, membutuhkan lebih dari 10 tahun untuk akhirnya terjadilah kesadaran untuk membuat toilet yang bersih dan layak, khususnya pada tempat umum seperti bandara dan juga sekolah.

Sebagai profesional dalam bidang Interior Design, Ibu Naning beserta dengan beberapa profesional lainnya tergugah untuk mewujudkan Green Building atau Bangunan Hijau di Indonesia. Setelah mendapatkan arahan dari World Green Building Council dan juga mentor dari Australia Green Building Council, pada tahun 2009, Green Building Council Indonesia dibentuk secara formal, dan Ibu Naning Adiwoso diminta untuk menjadi Chairperson. Pada Hari Rabu, 3 Juli 2013, bertempat di Aula Barat Institut Tenologi Bandung (ITB), Ibu Naning Adiwoso menerima penghargaan Anugerah Ganesa Wirya Jasa Utama. Penghargaan dari ITB ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pencapaian dan prestasi beliau dalam bidang perencanan lingkungan di Indonesia. Tentunya penghargaan ini bukanlah merupakan akhir dari perjuangan beliau, melainkan menjadi pemicu semangat untuk berbuat lebih lagi bagi bumi dan Indonesia pada khususnya.

Seperti yang beliau pernah katakan,

“This is OUR planet, not yours, not mine, but OURS. That’s why we have to work hand in hand, collaborate and save this planet TOGETHER.”

Selamat kepada Ibu Naning! Semoga selalu bersemangat dalam membawa perubahan positif bagi Indonesia!

-anggita-
PR GBC Indonesia