Thailand Bergerak Menuju Arah Keberlanjutan

Gbr. 1 GBC Indonesia sebagai panelist bersama dengan MGBC, WGBC, SGBC.

Gbr. 1 GBC Indonesia sebagai panelist bersama dengan MGBC, WGBC, SGBC.

Thailand mengadakan Green Building Conference and Exhibition 2014 yang berlokasi di IMPACT Exhibition Center, Bangkok, Thailand pada tanggal 18-20 September 2014 yang membawakan tema “Towards a sustainable Thailand”.

Topik-topik yang disampaikan dalam seminar ini terkait dengan perkembangan Bangunan Hijau di Asia Tenggara serta dalam negeri Thailand. Para pembicara antara lain adalah Mann Young dari World Green Building Council (WGBC) untuk perkembangan bangunan hijau di Asia Tenggara serta Pimpida Chanyarakskul dan TEAM Group of Companies Co. Ltd. yang membawakan paparan mengenai Thailand Green Building 2014 Reviews.

Pemerintah kota Bangkok membuat kebijakan insentif bahwa proyek yang sudah tersertifikasi Thai Green Building Institute (TGBI) akan mendapatkan tambahan ijin 5-20% area pembangunan. Untuk proyek yang menyediakan tempat penampungan air hujan akan mendapatkan tambahan ijin 5% area pembangunan. Hingga September 2014 tercatat ada 51 bangunan yang telah bersertifikat bangunan hijau di Thailand. Menariknya, dibandingkan tahun 2008, pada tahun 2014 terdapat penurunan jumlah professional di bidang bangunan yang terlibat dalam proyek bangunan hijau di Thailand yang diasumsikan sebagai akibat dari adanya ketidakstabilan situasi politik.

Gbr. 2 Tabel dari Green Building Market Report 2014 oleh BCI Asia

Gbr. 2 Tabel dari Green Building Market Report 2014 oleh BCI Asia

Thailand melihat bahwa Bangunan Hijau akan menjadi trend dunia sehingga diharapkan biaya untuk penerapan konsep bangunan hijau menjadi semakin terjangkau serta solusi yang tersedia di pasaran akan semakin beragam.

GBC Indonesia menjadi salah satu panelis dalam diskusi panel dengan moderator Dr. Atch Sreshthaputra Ph.D (TGBI), Bersama dengan Sarly Adre Sarkum (MGBC), Mann Young (WGBC), serta Dr Lee Siew Eang (SGBC), GBC Indonesia diwakili oleh Surendro, Manager Rating GBC Indonesia berdiskusi mengenai perkembangan bangunan hijau di masing-masing Negara.

Bersamaan dengan seminar ini, diadakan pula pameran produk hijau yang menampilkan produk-produk serta teknologi ramah lingkungan.

(ANG)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *