Small Marketing Gathering GREEN RIGHT 2012 – GBC Indonesia

Sebagai persembahan kepada bangsa, Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) akan menyelenggarakan acara terpentingnya di tahun mendatang yaitu GREENRIGHT 2012 dengan tujuan untuk mengajak kalangan industri, profesional, akademik, pengembang, kontraktor, pemerintah dan masyarakat umum termasuk anda semua untuk bersama-sama menjadi “agen perubahan” demi tujuan hari esok pembangunan bangsa kita kearah hijau dan berkelanjutan.

Kata perubahan (changing) menjadi sangat awam ditelinga kita. Perubahan menjadi sahabat kita sehari-hari, dalam setiap sudut kehidupan, termasuk perubahan iklim akibat pemanasan global yang kian mengkhawatirkan ditahun-tahun mendatang sebagai respon dari perubahan perilaku kita dalam memperhatikan lingkungan sewaktu kita mengisi pembangunan. Perubahan iklim telah membuat kita harus juga berubah suka tidak suka untuk melindungi keberlanjutan planet tempat kita berpijak dan yang akan kita wariskan kesejahteraannya bagi anak cucu kita mendatang.

Green Building Council Indonesia lahir di Indonesia dengan mempunyai peran sebagai agen perubahan. Melalui acara GREEN RIGHT 2012, kami mengajak Bapak/Ibu dari kalangan industri untuk ikut berpartisipasi dalam acara kami. Acara yang akan kami adakan tepatnya pada tanggal 11-13 April 2012 mendatang ini dikemas sangat berbeda dengan acara lain yang pernah dijumpai sebelumnya, karena para pelaku industri tidak akan hanya sekedar mempromosikan produk yang akan mereka dipamerkan, namun seraya memberikan kesempatan bagi para pelaku industri agar mampu mengenalkan lebih dekat pengetahuan akan produk dan inovasinya yang ramah lingkungan kepada masyarakat dari berbagai latar belakang. Selain itu para pelaku industri dapat menunjukkan “kelasnya” sebagai pelaku yang berpikiran maju dan mampu menyambut tuntutan perubahan generasi serta mengenal pengetahuan mengenai tuntutan pasar lebih dalam dimasa mendatang yang akhirnya diharapkan dalam waktu yang bersamaan dapat merangsang kegiatan industrinya untuk mengadakan riset dan inovasi lebih dalam lagi guna menghasilkan produk-produk yang makin handal, ramah lingkungan dalam penggunaannya serta dapat bersaing sehat dengan produk – produk dari luar tanpa harus menjadi tamu di negara sendiri.

Bila kita melihat jeli makna dari dilangsungkannya acara mulia ini, pastilah akan terpikir bahwa sebenarnya kita masih diberikan kesempatan, waktu dan tempat untuk memperbaiki gaya hidup, pola produksi dan konsumsi kita terhadap suatu hasil karya manusia guna dijadikan amunisi untuk tetap hidup bertahan beradaptasi menghadapi perubahan-perubahan iklim dan efek-efek buruk yang mengikutinya. Oleh karenanya, pergunakan dengan baik kesempatan ini!

Setelah kami pelajari, banyak bertanya, dan mengadakan beberapa riset serta observasi di lapangan, kami menemukan masih banyaknya dari para profesional, kontraktor, pengembang yang masih kurang mengenal dan paham bagaimana membedakan produk yang ramah lingkungan dengan produk yang tidak ramah lingkungan. Kadang kita berpikir bahwa hal tersebut terjadi karena kesalahan semata dari seorang penjual ataupun pramuniaga yang mungkin kurang menguasai dalam mempelajari mengenai product knowledge. Namun ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu kurangnya penyebaran informasi produk dan jasa secara aktif, sosialisasi, transfer keilmuan serta penerapan teknologi yang hanya berjalan sepihak, hingga akhirnya sulit untuk dapat dijangkau manfaatnya di kalangan masyarakat awam. Akibat terburuknya adalah produk-produk ramah lingkungan yang menjadi unggulan tersebut, justru malah dijual dan terkenal di negara orang lain yang akhirnya keuntungannya pun dirasakan hanya sepihak.

Di sinilah baru dirasakan pentingnya peranan para profesional seperti arsitek dan desainer interior untuk terlebih dahulu memahami memperkaya pengetahuan tentang referensi produk ramah lingkungan yang unggul agar selanjutnya mereka dapat mengajarkannya kepada para pengguna jasa mereka untuk hanya menggunakan produk dalam negeri yang juga hanya ramah terhadap lingkungan. Sekaligus menjelaskan keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu panjang walaupun dengan sedikit investasi awal, sehingga terciptalah suatu proses transfer keilmuan dan pengetahuan.

Lebih dari itu, GREENRIGHT juga merencanakan konsep Student Day, dimana telah merangkul hampir kurang lebih sebanyak 28 perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di pelosok negeri untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang bangunan hijau sejak sedini mungkin mulai dari bangku sekolah. Memperkenalkan praktik-praktik terbaik anak bangsa, sehingga mereka tidak akan bimbang untuk mulai menentukan pilihan serta penilaian terhadap suatu produk hasil industri, sebagai referensinya kelak dalam membangun serta merekomendasikannya kembali kepada kerabat sekitar di kemudian hari. Subjek yang akan diperhatikan tak luput adalah para mahasiswa dari berbagai jurusan terkait, yang khususnya akan diberikan kesempatan untuk terlibat dalam penciptaan produk sederhana ramah lingkungan sesuai dengan pengalaman dan kemampuannya sendiri, melalui serangkaian agenda sayembara.

Sedangkan melalui ajang pameran akbar (exhibition), bersama dengan para industri pelopor gerakan hijau, kami akan mulai menularkan kebiasaan positif ini (“Be one who is first who concern about the people and the planet”) yang akan lebih ditekankan penerapannya kepada bangunan baru, tak terlepas untuk bangunan bertingkat tinggi, yang akan semakin marak trennya kedepan sejalan dengan makin tingginya ego para perancang bangunan. Pasalnya, proses pembangunan bangunan bertingkat tinggi ini memakan waktu lebih lama daripada proyek residensial, terlebih bangunan yang merupakan kategori mega proyek dan multi struktural.    

Hal lain yang menjadi perhatian, tentang pendalaman akan pengetahuan bahan bangunan serta teknik cara membangun yang diharuskan tersedia demi menjawab permasalahan hingga ke pihak-pihak yang terkait langsung di lapangan, selain dipertajam sewaktu masih digodok dalam konsep perancangan. Dalam tahap ini pula, dukungan dan kesiapan dari para industri akan sangat ditunggu untuk merespon kebutuhan pasar dan hak publik akan kebutuhan produk yang ramah lingkungan.

Hasil yang diharapkan setelah selesai mengunjungi pameran ini diharapkan, mereka akan langsung dapat mengerti dan mengenal lebih dalam akan karakteristik, serta keunggulan yang ditawarkan oleh produk yang dipamerkan. Sehingga semakin cepat dikenalnya suatu produk ramah lingkungan dipasaran, akan semakin cepatnya “Green Movement” ini digulirkan melalui pemeringkatan produk ramah lingkungan yang hingga saat ini masih kami susun dan klasifikasikan daftarnya melalui Green Listing.

Selain pameran dan eksibisi, akan disuguhkan seminar ber-seri dalam GREENRIGHT ini dimana kami kelompokkan menjadi tiga track seminar dengan topik yang berbeda sesuai dengan isu hangat terkini yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan tren green building di berbagai sektor pembangunan, antara lain; isu Green Building itu sendiri. Sebagai induk dan dasar pemikiran yang harus dahulu dipahami sebelum mulai diaplikasikan secara spesifik ke berbagai sektor industri yang berkeinginan untuk dijadikan contoh teladan di masyarakat.

Lalu akan diikuti dengan isu hangat seputar Green Hospitality, dimana kami patut menginformasikan secara luas gerakan ini bersamaan dengan himbauan dan instruksi yang telah dilansir oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk bersama-sama menerapkan kaidah-kaidah perkehidupan dan membangun dengan hijau di semua sektor pariwisata serta pendukungnya termasuk didalamnya industri Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) demi terciptanya Pariwisata Yang Berkelanjutan ditingkat nasional maupun ditingkat ASEAN.

Isu lain yang tidak kalah penting bagi kami untuk mengupasnya adalah tentang Green Hospital, dikarenakan perlunya penerapan hal ini didalam industri rumah sakit, farmasi dan laboratorium sebagai wadah penyedia jasa industri kesehatan. Hal yang menjadi perhatian mulai dari inisiatif penghematan pemakaian energi, air, material, dan manajemen pengolahan sampahnya sendiri serta yang terpenting yaitu terciptanya kenyamanan dan kesehatan udaranya sendiri baik bagi pengguna di dalam bangunan maupun di sekelilingnya.

Keikut sertaan perusahaan-perusahaan di Indonesia akan menjadi kontribusi yang sangat besar dan bermanfaat bagi negeri ini yang sedang dalam proses membangun kearah berkelanjutan.

Dengan mengangkat tema “Adapt to Sustain” guna memberikan pesan kepada pengunjung bahwa semua manusia harus tergerak untuk berubah beradaptasi sesuai dengan kemauan dan kemampuannya sendiri melalui berperilaku hijau agar dapat hidup selaras dengan alam tanpa membebaninya.

Di negara-negara maju pameran serupa seperti ini telah mendapat dukungan penuh yang sangat signifikan dari para industrinya sebagai kewajiban untuk mempersiapkan dukungan lingkungan di masa datang dan serta menyesuaikan dengan kebutuhan generasi yang akan datang melalui inovasi-inovasi produk mereka.

Apabila dirasa suatu produk sudah tidak dapat menjawab permintaan pasar pada suatu masa, maka mereka dengan cepat akan ditinggalkan dan digantikan oleh produk-produk yang lebih dapat bertahan dan diterima. Seiring dengan hal tersebut, dituntut pula wawasan para perlaku industri untuk terus diperluas agar dapat juga terus mengedukasi pasar tentang suatu produk yang dihasilkan. Produk yang hijau akan membentuk desain yang hijau yang tentunya akan diakhiri dengan pengaruhnya terhadap hidup yang hijau.

Kedepan, pemerintah juga akan menerapkan Green Procurement, dimana akan lebih selektif dalam menentukan kebijakan guna mendasari proses produksi dan pengadaan suatu produk untuk sebuah kegiatan belanja di semua instansi. Lalu Green Construction, untuk mengatur praktik-praktik penyelenggaraan konstruksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan yang sudah barang tentu membutuhkan dukungan pasar industri yang lebih siap, tersedia serta mudah diakses guna memajukan kegiatan perkenomian. Terakhir merupakan gabungan dari keduanya yaitu Green Construction Procurement, dimana transformasi konstruksi Indonesia akan beragendakan untuk menggairahkan perkembangan sektor konstruksi yang berkelanjutan di tahun depan. Melalui pendekatan strategis dan pendayagunaan sumber daya konstruksi nasional maupun global. Diantaranya melalui pemberian rencana pemberian insentif dari pemerintah dan dukungan untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif bagi usaha maupun pemangku kepentingan sektor konstruksi lainnya dengan pengembangan semua potensi yang sudah ada secara kreatif.

Himbauan terhadap para industri dalam menghasilkan produknya semakin gencar dilakukan, jangan hanya mementingkan dalam pengujian faktor lingkungannya saja namun perlu dihimbau harus sampai pada pembuktian terhadap efek ke penggunanya juga yang perlu diperhatikan. Terutama faktor kesehatan dan keamanan bagi penggunanya ke depan karena biasanya efek buruknya baru dapat dirasakan setelah dalam jangka waktu yang lama. Sering kali dijumpai, produk yang ramah terhadap lingkungan namun dalam jangka waktu yang panjang masih dapat mengancam kesehatan penggunanya.

Di setiap sesi seminar yang disusun, juga akan turut diperkaya oleh beberapa pembicara lokal dan internasional dari berbagai kalangan yang berbeda latar belakang, mempunyai serangkaian penghargaan dan sepak terjang yang tidak diragukan lagi dalam mengisi pembangunan. Ide dan gagasan yang mereka akan bagi, adalah contoh studi kasus yang terjadi nyata di lapangan beserta dengan cara pengambilan keputusan untuk menentukan solusi, guna memberikan gambaran yang lebih kongkret tentang penyelesaian permasalahan yang kita temui di atas. Untuk itu, kami harapkan para industri juga dapat menjadi sponsor bagi pembicara-pembicara yang akan berpartisipasi. Jika dirasakan mempunyai calon kandidat yang kompeten untuk mengisi salah satu track diacara kami, kami akan sangat menghargainya. Sebagai penghargaannya, para industri yang ikut terlibat dapat juga sekaligus mempromosikan produknya bersamaan dengan berlangsungnya acara ini, sehingga begitu banyaknya manfaat yang dapat kita petik dan teladani ketika kita selesai mengikuti serangkain seminar ini.

Dengan adanya serangkaian tempat yang telah disediakan melalui GREENRIGHT 2012, mari kita bangun Indonesia untuk lebih baik, dengan bergabung bersama gerakan hijau kami, daftarkan diri anda sekarang juga untuk ikut berperan penting dalam meningkatkan preferensi pasar yang lebih tinggi di tanah air. Jangan ragu lagi karena teman-teman di barisan depan sudah menunggu anda untuk bergabung. Bersiaplah untuk berubah untuk sebuah keberlanjutan yang pasti.  Save the date! and JOINT US TO BE PART OF THE NEXT..!

Selamat Tahun Baru 2012 bagi kita semua. Jadikanlah resolusi anda di tahun depan untuk membangun negeri ini lebih maju, sehat dan berperilaku hijau didalam mengisi pembangunannya

Green Building Council Indonesia

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *