Seminar Bangunan Hijau Kerjasama Inkindo DKI Jakarta dan GBC Indonesia

Bertempat di Hotel Bidakara, sekitar 100 orang lebih berkumpul di ruang Binakarna untuk menghadiri dan mengikuti seminar bangunan hijau yang diadakan atas kerjasama antara Inkindo DKI Jakarta dan GBC Indonesia dengan tema Implementasi Green Building Sebagai Adaptasi Perubahan Iklim dan Keterbatasan Energi.

Pembukaan Seminar oleh Bintang Nugroho

Bagaimana awal seminar ini berlangsung? Semua didasari pada gagasan Inkindo DKI Jakarta yang berinisiatif mengadakan sebuah seminar yang dapat memberikan informasi kepada anggota-anggotanya berkenaan dengan gerakan bangunan hijau. Bekerjasama dengan GBC Indonesia, pihak panitia kemudian membuat suatu term of reference (TOR) berkenaan dengan materi dan pembicara. Sebagai pembuka acara, kemudian dipilih seorang tokoh nasional yang memiliki kepedulian lingkungan, yaitu Ir. Sarwono Kusumaatmadja. Beliau berkenan untuk membuka acara sekaligus memberikan paparan singkat mengenai perkembangan kepedulian lingkungan hidup hingga saat ini.

Keynote Speaker Bersama Panitia GBC Indonesia dan Inkindo DKI Jakarta

Seminar ini menghadirkan tujuh pembicara, terdiri atas dua sesi, yaitu Diskusi Panel dan Talkshow. Untuk Diskusi Panel, pembicaranya adalah Bintang Nugroho selaku Core Founder GBC Indonesia, Pandita dari Dinas Pengawas dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta, Djatmiko Surya seorang praktisi dan profesional bangunan hijau dari Universitas Gadjah Mada, serta Rana Yusuf Nasir, Direktur Rating and Technology GBC Indonesia. Para pembicara ini memberikan paparan informasi dasar mengenai pengertian bangunan hijau.

Bapak Bintang Nugroho membicarakan mengenai strategi manusia untuk bertahan hidup dan melakukan adaptasi menghadapi perubahan iklim. Bapak Pandita, memberikan informasi dan sosialisasi peraturan wajib bangunan hijau dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta. Bapak Djatmiko Surya memberikan paparan mengenai alasan mengenai perlunya menggunakan bangunan hijau, dan panel diskusi ditutup oleh Rana Yusuf Nasir yang memberikan gambaran keseluruhan mengenai bangunan hijau di Indonesia terutama berkenaan dengan perangkat penilaian Green Building Council indonesia yaitu GREENSHIP.

Untuk Talkshow, berfokus pada berbagi pengalaman dari perspektif pelaku dan target market. Ada tiga wakil dari masing-masing stakeholder yang memberikan paparan, yaitu Hadjar Seti Adji selaku wakil dari kontraktor hijau, Ignesjz Kemalawarta sebagai konsultan hijau dan Slamet Ristono selaku wakil dari pemilik Gedung Hijau, yaitu Menara BCA. Dalam acara Talkshow ini juga dibahas mengenai alasan dari masing-masing pelaku memilih jalur hijau dalam profesinya dan juga manfaat apa yang didapatkan dari pemilik gedung hijau.

(pict.3 Sesi Diskusi Panel oleh Jatmika Surya A. )

Antusiasme peserta cukup  tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul. Diharapkan dengan adanya seminar ini maka akan dapat membuka wawasan serta memberikan informasi baru mengenai bangunan hijau kepada para peserta seminar.

Anggita – govrelgbcindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *