Raihan 2011 GBC Indonesia Network and Sharing

Tema kaleidoskop 2011 diangkat oleh GBC Indonesia pada acara sharingnya yang terakhir di sepanjang tahun 2011 ini. Karena di tahun 2011 ini merupakan tahun yang bersejarah dalam perjalanannya dalam menyelenggarakan gerakan gedung ramah lingkungan di Indonesia sejak berdirinya di tahun 2009 silam. Proses bersejarah ini juga ditandai dengan selesainya proses sertifikasi dua gedung proyek GREENSHIP hasil sertifikasi Green Building Council Indonesia

Ucapan selamat ditujukan kepada Gedung Menara BCA – PT Grand Indonesia menyertai atas keberhasilannya memperoleh Sertifikat GREENSHIP untuk Gedung Terbangun (Existing Building) dengan peringkat PLATINUM. 

Serta ucapan selamat juga menyertai kepada Gedung Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT Dahana (Persero) – Subang yang berhasil memperoleh Sertifikat GREENSHIP untuk Gedung Baru (New Building) dengan peringkat PLATINUM. Sehingga kedua gedung tersebut oleh Green Building Council Indonesia telah dinyatakan layak untuk memperoleh sertifikat GREENSHIP setelah menjalani proses sertifikasi selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Untuk pula diketahui bahwa gedung-gedung di atas yang telah menerima sertifikasi GREENSHIP kami bukanlah dari kalangan atau milik Corporate Founding member kami. Hal ini sekedar membuktikan khalayak bahwa konsep, gerakan dan pengejewantahan pratik-praktik ramah lingkungan bukan lagi merupakan hal yang baru, telah banyak kecenderungan pasar terhadap kesadaran betapa pentingnya penerapan prinsip ini. Sehingga sudah selayaknya kami bersama-sama dengan anda semua mengedukasi pengetahuan yang cukup akan aksesbilitas informasi, praktik-praktik dan produk-produk ramah lingkungan.

Perangkat penilaian GREENSHIP yang kami gunakan merupakan alat bantu bagi para pelaku industri bangunan berisikan kriteria-kriteria penilaian sebagai bagian dari bentuk nyata upaya kita bersama dalam menjembatani konsep kegiatan ramah lingkungan dan prinsip keberlanjutan pembangunan melalui kegiatan praktik-praktik yang terjadi secara empirik.

Green Building Council Indonesia akan senantisa hadir dan berkarya dengan rasa terpanggil, guna menyikapi secara agresif seluruh lapisan kegiatan pembangunan tanpa terkecuali dengan bermuara pada semangat untuk melakukan inisiatif konservasi energi, mengukur dampak pada lingkungan luar bangunan bersamaan dengan memperbaiki lingkungan dalam bangunan.

Tak tertinggal juga terhadap aspek kesehatan dan keberlangsungan penghuninya sebagai bagian dari strategi komprehensif untuk menurunkan emisi karbon dan dampak gas rumah kaca sebagai sumber pencetus pemanasan global.

Di tahun 2012 mendatang, GBC Indonesia akan segera meluncurkan sistem perangkat penilaian Bangunan Hijau GREENSHIP untuk ‘Ruang Dalam (Interior Space)’ dimana objek penilaiannya akan lebih bertitik berat pada pengutamaan faktor manajemen pengguna, perilaku pihak pengguna dan perancangan ruangan di dalam bangunan untuk tujuan kesehatan dan kenyamanan para penggunanya. Sehingga menghasilkan persepsi, pengenalan serta perilaku sebagai tanggapan positif terhadap desain suatu ruang didalam suatu bangunan.

Sistem perangkat penilaian selanjutnya yaitu GREENSHIP ‘Home’ bersama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) yang diharapkan dapat dikeluarkan tahun mendatang juga demi menjawab tantangan terbesar penyediaan tempat tinggal yang sehat, layak dan ramah lingkungan agar lahan untuk aktivitas penduduk  tidak mendesak keberadaan ruang terbuka hijau serta tidak pula meninggalkan jejak karbon yang tinggi yang berdampak negatif di lingkungan.

Pada kesempatan ini tak lupa pula GBC Indonesia sangat menghormati dan menghargai kepada jajaran dari Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perindustrian, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan serta tak lupa Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta atas dukungan penuh dan kerjasama yang sudah terjalin bersama hingga saat ini terhadap gerakan kami untuk diberikan sumbangsihnya kepada bangsa ini.

Kami sangat berharap agar dukungan dan komitmen ini berkesinambungan dari semua pihak tanpa terkecuali dari kalangan pemerintah, untuk bersama-sama membuat blueprint ‘Green Building’ bagi Indonesia sehingga komitmen yang diutarakan pemimpin bangsa ini di ajang pertemuan internasional lalu, untuk berusaha penurunan emisi CO2 di Indonesia sebesar 26 persen, dapat direalisasikan secara kongkret. Harapannya terhadap seluruh para pelaku industri bangunan, yang berkeinginan untuk mengimplementasikan konsep bangunan hijau tercapai dikarenakan tidak sulitnya kriteria yang dituntut dari Perangkat Penilaian GREENSHIP yang kami susun.

Dengan terealisasikanya gerakan ini, diharapkan akan semakin banyaknya lagi pihak-pihak apapun pekerjaan, status atau kepentingannya untuk ikut serta menjadi agen perubahan yang berkeinginan menerapkan cara hidup mulia ini, sehingga pelaksanaan konsep bangunan hijau menjadi suatu hal yang akan menjadi persepsi, cara pandang mendatang dan kebiasaaan umum untuk hijaunya Indonesia.

Terima kasih atas kontribusi yang sangat signifikan untuk perjalanan transformasi yang telah dilakukan bersama kami di tahun 2011 menuju lingkungan yang lebih berkelanjutan, sehat dan sejahtera. Semoga kita dapat menatap tahun kedepan 2012 dengan sikap optimis yang besar untuk mengembangkan gerakan “bangunan hijau” lebih jauh dan lebih baik lagi.

(Resource GBC Indonesia 2011)