Peraturan Gubernur DKI Jakarta terkait Bangunan Gedung Hijau

Setelah mengalami proses yang panjang, akhirnya pada bulan April 2012 lalu, Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) mengeluarkan  Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 38 tahun 2012 mengenai Bangunan Gedung Hijau.

Proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab berbeda dengan Sertifikasi Bangunan Hijau yang bersifat sukarela (voluntary), Pergub ini merupakan suatu peraturan yang bersifat wajib (mandatory). Sehingga bagi bangunan yang tidak memenuhi ketentuan ini tentunya akan mendapatkan sanksi. Dengan demikian, perlu adanya kajian mendalam mengenai bagaimana peraturan ini dapat menjadi tepat guna dan tepat sasaran.

Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) tentunya sangat mendukung dikeluarkannya Pergub ini. Hal ini akan sesuai dengan misi GBC Indonesia untuk mewujudkan Green Building di Indonesia. Dalam wawancara dengan wartawan Mongabay Indonesia, Chairperson GBC Indonesia, Naning Adiwoso mengatakan bahwa ini saat yang tepat bagi pemerintah untuk menerapkan tindakan nyata dalam isu-isu lingkungan. “Sebuah hal baik jika peraturan baru ini memang wajib sifatnya dan memiliki sanksi bagi yang melanggar,” ungkap Naning, namun akan lebih baik jika memang ada reward atau insentif bagi pemilik gedung yang menjalankan upaya ini dengan baik.

Bagi para profesional, industri bangunan, pemilik gedung tentunya diharapkan untuk dapat segera mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar Green Building. Bukan hanya di Jakarta, namun diharapkan dalam masa-masa yang akan datang, kota-kota besar di Indonesia akan dapat segera mewujudkan Green Building. Semangat ini adalah semangat untuk menjaga lingkungan dan memahami bahwa jika kita tidak segera melakukan perubahan, sumber daya alam Indonesia akan semakin habis dan rusak.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isi Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 38 tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Hijau dapat diakses di link berikut: http://www.gbcindonesia.org/site/2012-08-01-05-15-26/download/cat_view/12-greenship-government

Anggita – 14082012

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *