Pengelolaan Sampah secara Berkelanjutan

Sampah hingga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan di kota-kota besar di Indonesia. Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang menghasilkan sampah yang tidak bisa dimasukkan dalam siklus materi alami. Jika tidak diolah dengan benar, maka sampah ini akan menjadi ancaman bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Di Jakarta sendiri terhitung ada 6000 ton sampah (data 2011) yang dihasilkan oleh penduduknya setiap hari. Pengelolaan sampah eksisting tidak akan mampu menampung sampah yang semakin lama semakin meningkat seiring meningkatnya tingkat konsumsi dan populasi penduduk.

Untuk meredam dan juga mendorong pengelolaan sampah secara bertanggung jawab, GBC Indonesia memberikan point untuk pengelolaan sampah dalam tolak ukur GREENSHIP. GBC Indonesia pun turut mendukung tumbuhnya kegiatan-kegiatan pengolahan sampah secara mandiri dan bertanggung jawab.

Salah satu member GBC Indonesia, yaitu Greeneration Indonesia memiliki suatu unit khusus yang menangani mengenai pengelolahan sampah, yaitu Waste4Change.

Waste4Change adalah jasa pengelolaan sampah yang bertanggungjawab. Program ini berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengurangi sampah. Pengurangan volume buangan akhir serta memastikan barang-barang yang terkumpul dapat terkelola dengan baik menjadi fokus program ini.

Agar program ini dapat bergerak tajam, maka data mengenai pengelolaan sampah sangat penting. Sayangnya belum banyak riset yang membahas isu ini terutama dari sisi gedung, terutama perkantoran dan perusahaan. Oleh karena itu Greeneration melalui GBC Indonesia melaksanakan riset dengan menyebarkan kuisioner yang dapat diakses di :

Kuisioner Riset Pengelolaan Sampah

Dimohon kesediaan Bapak dan Ibu untuk dapat memberikan timbal balik melalui pengisian kuisioner ini mengenai kondisi pengelolaan sampah di perusahaan ataupun perkantoran Bapak dan Ibu.

Diharapkan melalui kuisioner ini bisa diperoleh suatu alternatif solusi atas permasalahan sampah di perkotaan, khususnya di DKI Jakarta.

(ANG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *