Kunjungan Peserta Training GA ke Grha Unilever

Sebagai rangkaian dari Training Green Associate (GA) angkatan 7 tahun 2019 yang diadakan oleh GBC Indonesia, peserta Training GA beserta GBC Indonesia mengadakan kunjungan ke Grha Unilever milik PT. Unilever pada Jum’at, 27 September 2019. Grha Unilever terletak di awasan Green Office Park, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Training GA yang dilakukan dengan kegiatan seputar pembelajaran mengenai dasar dari green building, green movement, dan sistem rating yang dilakukan di dalam kelas dilengkapi dengan rangkaian kunjungan ke gedung yang telah menerapkan prinsip-prinsip yang terkait bangunan hijau.

Rangkaian kunjungan ini diadakan agar peserta training semakin memahami dan mengerti dari prinsip bangunan hijau yang telah diterapkan di Grha Unilever. Gedung Grha Unilever dipilih karena prestasinya yang menerima anugerah Efisiensi Energi Nasional terbaik dalam kategori Geudng Hijau Besar.  Apresiasi ini diberikan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam ajang penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSDE) di tahun 2019. Selain itu Gedung Grha Unilever ini juga telah tersertifikasi Greenship Platinum.

Dari kunjungan ke Grha Unilever, peserta training mendapatkan paparan mengenai penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau yang telah diterapkan di dalam gedung. Pada dasarnya merupakan penerapan dari 6 kategori dari Greenship yaitu ASD (Appropiate Site Development) contohnya seperti adanya lahan hijau pada area bangunan, EEC (Energy Efficiency and Conservation) contohnya seperti desain selubung bangunan yang efisien, WAC (Water Conservation) contohnya seperti menggunakan air hujan untuk penyiraman tananman, MRC (Material Resources and Cycle) contohnya seperti penggunaan material AC yang ramah lingkungan, IHC (Indoor Health and Comfort) contohnya seperti pengaturan suhu ruang sesuai standar, dan BEM (Building and Environment Management) contohnya adanya kebijakan pemilahan sampah.

Dengan penerapan dari prinsip-prinsip bangunan hijau yang diterapkan pada suatu bangunan akan memberikan dampak positif pada bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Selain itu juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).


Warning: Missing argument 1 for cwppos_show_review(), called in /home/gbcindon/public_html/blog/wp-content/themes/flat/content-single.php on line 29 and defined in /home/gbcindon/public_html/blog/wp-content/plugins/wp-product-review/includes/legacy.php on line 18