International Labour Organization – AusAID : Green Jobs Regional Conference 2012

Surabaya, 29 – 31 Agustus 2012

Gerakan hijau bukan hanya sesuatu yang dapat memberikan dampak bagi lingkungan, tetapi juga sesuatu yang dapat memberikan manfaat kepada manusia. Antara lain adalah melalui Green Job.

Green Job dapat diartikan sebagai transformasi dari ekonomi, perusahaan, tempat kerja dan tenaga kerja menjadi pekerjaan yang layak, berkelanjutan dan rendah karbon. Tetapi sebesar apapun inovasi dan strategi untuk mempromosikan green jobs hanya bisa terlaksana apabila ada keterlibatan penuh dari pekerja dan juga perusahaan.

“The notion of green jobs summarizes the transformation of economies, enterprises, workplaces and labour markets into a sustainable, low-carbon economy providing decent work. But much needed innovative strategies to promote green jobs can only succeed with the full involvement and participation of workers and enterprises”

International Labor Organization (ILO)

Green Jobs adalah pekerjaan layak yang meliputi aspek :

  • Pengurangan konsumsi energi dan penggunaan material mentah (raw material)
  • Pembatasan pengeluaran emisi gas rumah kaca
  • Minimalisasi sampah (waste) dan polusi
  • Perlindungan dan perbaikan ekosistem

Pada tanggal 29 – 31 Agustus 2012, GBC Indonesia diundang untuk menjadi salah satu nara sumber pada acara Green Jobs in Asia Regional Conference. Acara ini diselenggarakan oleh International Labour Organization (ILO) dan dibuka oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia, Dr HA Muhaimin Iskandar. Bertempat di Hotel Singgasana, Surabaya acara ini dihadiri 100 peserta dari seluruh wilayah Asia Pasifik. Terdapat 5 (lima) negara yang dijadikan contoh pembelajaran untuk aktivitas Green Jobs, yaitu New Zealand, Nepal, Bangladesh, Indonesia, Philippines.

Pict. 1 Peserta Green Jobs Asia Regional Conference 2012

Peserta Green Jobs Asia Regional Conference 2012

Narasumber dari Indonesia antara lain adalah Bapak Heru Prasetyo dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) mewakili Dewan Nasional Perubahan Iklim, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah Surabaya, Bank Indonesia dan Green Building Council Indonesia

 Pict. 2 Naning Adiwoso membawakan paparan
Naning Adiwoso membawakan paparan

Ibu Naning Adiwoso mewakili GBC Indonesia melakukan pemaparan dengan tema Greening of the construction sector. Dalam paparannya, Ibu Naning menjabarkan mengenai dukungan GBC Indonesia terhadap Green Jobs, peluang apa untuk Green Jobs yang terdapat dalam bidang  konstruksi, keuntungan yang didapatkan dengan mengaplikasikan Green Jobs, serta bagaimana cara melakukan transformasi pasar melalui edukasi (GREENSHIP Associate) dimana mereka dapat menjadi agen transformasi dalam lingkungannya.