Green Design International Conference & Green Design Award 2019

Green Building Council Indonesia hadir sebagai salah satu international delegates pada acara Green Design International Conference & Green Design Award yang berlangsung di Taipei, 20 Juli 2019. Pada acara ini berlangsung dua acara yaitu Green Design International Conference yang membahas mengenai sertifikasi Green Design di Taiwan, dan juga Green Design Award 2019 yang memberikan penghargaan kepada berbagai proyek tersertifikasi green design serta penghargaan kepada para pelaku yang telah melakukan sertifikasi green design pada proyek yang dikerjakan.

Green Design adalah salah satu sistem sertifikasi yang berfokus pada bidang interior bangunan, di mana penekanan sertifikasi terdapat pada bagian kesehatan dalam ruang dan kualitas udara dalam ruang. Lingkupnya untuk bangunan baru atau terbangun, dengan lingkup pada 4 tahap yaitu, tahap desain, tahap pemilihan material, tahap konstruksi, tahap penyelesaian. Dalam implementasinya, Green Design mempunyai Green Design AP sebagai ahli dalam penerapan Sertifikasi Green Design, yang saat ini sudah terdapat 152 Green Design AP tersertifikasi di Taiwan.

Selain menyediakan suatu perangkat penilaian untuk interior bangunan, Green Design juga menetapkan standar untuk material-material ramah lingkungan yang cocok untuk mendukung kualitas udara dalam ruang yang baik. Hal ini merupakan suatu langkah yang baik karena secara terintegrasi menyediakan berbagai pilihan material yang sesuai dengan perangkat penilaian, sehingga bangunan yang ingin tersertifikasi tidak perlu bingung untuk memilih.

Saat ini Green Design beroperasi di Taiwan dan saat ini sedang berekspansi ke Thailand. Green Design sendiri menetapkan target untuk bisa menjangkan lebih banyak lagi negara di Asia Pasifik yang menerapkan sertifikasi Green Design, termasuk di Indonesia. Pada akhir tahun 2019 ini akan diadakan Green Design International Summit 2019 di Thailand.