GREEN BUILDING CONFERENCE 2014 Gain for Future Generation


GBConference2014GREEN BUILDING CONFERENCE 2014

Gain for Future Generation

gbr.1

Gbr. 1. Peserta Green Building Conference 2014

Green Building Conference2014 dengan sukses telah terselenggara. Dihadiri lebih dari 100 peserta beserta dengan perwakilan-perwakilan Negara Asia Pasific seperti diantaranya Singapore, India, Malaysia, Vietnam, dan Hongkong. Dengan bentuk seminar 2 (dua) hari, Green Building Conference 2014 telah menghadirkan pembicara Nasional dan Internasional untuk berbagi pengetahuan mengenai tuntutan pasar di masa mendatang. Green Building Conference 2014 memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengenal pemahaman dasar green building telah mengenal luas jaringan komunitas hijau.

Gbr. 2. Bapak Agung Wicaksono selaku perwakilan UKP4 memberikan Keynote di Green Building Conference 2014

Gbr. 2. Bapak Agung Wicaksono selaku perwakilan UKP4 memberikan Keynote di Green Building Conference 2014

Pembukaan Green Building Conference 2014 ini diresmikan oleh Bapak Agung Wicaksono, selaku perwakilan dari UKP4 menggantikan Bapak Kuntoro Mangkusubroto yang berhalangan hadir; serta CEO dari World Green Building Council, Ms. Jane Henley. Membawakan tema Gain for Future Generation, GreenBuilding Conference telah menghadirkan lebih dari 20 pembicara, dari tanah air maupun dari luar negeri, yang ahli di bidangnya. Beberapa pembicara yang hadir antara lain Ibu Tri Rismaharini – Walikota Surabaya, Sarly Arde Sarkum – President Malaysia Green Building Council, serta Bapak Yoga Adiwinarto – Country Director dari Institute for Transportation & Development Policy (ITDP).

Gbr. 3. CEO World Green Building Council, Jane Henley memberikan Keynote di Green Building Conference 2014

Gbr. 3. CEO World Green Building Council, Jane Henley memberikan Keynote di Green Building Conference 2014

Gbr. 4. Ibu Tri Rismaharini saat Plenary Session di Green Building Conference 2014

Gbr. 4. Ibu Tri Rismaharini saat Plenary Session di Green Building Conference 2014

Topik-topik yang dibawakan oleh para pembicara antara lain terkait dengan Air Bersih maupun Air Limbah, Hospitality, Green Economy, Transportasi, dan Kawasan. Terdapat pula beberapa pembicara dari Tropical Green Building Network, Australia yang memaparkan mengenai resume dari beberapa studi kasus di Australia terkait dengan bangunan tropis. Sebagai penutup, Bapak Zulfi Koto dari Housing Urban Development (HUD) Institute membawakan sebuah paparan dengan tema Beyond Eco-cities: Regenerative Concepts for Indonesian Tropical Archipelagic Urban Development”.

Bersamaan dengan Green Building Conference 2014, GBC Indonesia juga menjadi host dari Asia Pacific Network – World Green Building Council Mid Year Meeting. Pertemuan ini merupakan pertemuan tertutup dan dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara Asia Pasifik, diantaranya Filipina, Singapura, India, Malaysia, Vietnam, dan Hongkong.

APN Jakarta gbr 5

Gbr. 5. Peserta WGBC – APN Mid Year Meeting

Selain menjadi tempat untuk berbagi informasi mengenai bangunan hijau serta bertemu dengan para pelaku bangunan-bangunan hijau dari seluruh negara Asia Pasifik, Green Building Conference juga menjadi ajang untuk menunjukkan produk-produk hijau Indonesia melalui Mini Exhibition. Tujuan dari adanya Pameran Mini ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan juga diseminasi mengenai perkembangan teknologi serta penerapan konsep keberlanjutan di dalam industri bangunan. Industri yang hadir dalam Pameran Mini ini adalah NS Bluescope Lysaght Indonesia, Propan Raya, Sinarmas Land, PT. PP Construction, dan Surya Toto Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan dan juga sebagai sarana diseminasi, acara ini turut didukung oleh para media partner (BCI Asia, FutureArc, Green Radio and Asia GreenBuildings) serta institusi dan industri (PT. Angkasa Pura II, Loreal Indonesia, International Finance Corporation and B-Panel).

GBC Indonesia berharap, bahwa melalui acara ini, maka pelaku bangunan di Indonesia dapat mendapatkan informasi serta semakin berkomitmen dalam melakukan gerakan bangunan hijau. Bersama dengan para professional dari dalam dan luar negeri, memajukan bersama sebuah konsep bangunan berkelanjutan untuk masa depan bumi dan generasi yang akan datang.

(ANG)