Gedung Kementerian Pekerjaan Umum Resmi Bersertifikat GREENSHIP Platinum

PUGerakan Bangunan Hijau di Indonesia melalui Green Building Council Indonesia dapat terbilang cukup baru. Dimulai pada tahun 2009, sertifikasi GREENSHIP baru berjalan pada tahun 2011. Dalam rentang waktu ini, Indonesia dapat merasa bangga dengan partisipasi serta dukungan pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum, terhadap GREENSHIP. Hal ini terlihat dengan terdaftarnya Gedung Kementerian Pekerjaan Umum sebagai salah satu Pilot Project GREENSHIP pada tahun 2011.

Sebagai gedung baru atau New Building, konsep bangunan hijau diterapkan mulai dari desain/rancangan, hingga proses konstruksi serta manajemen bangunan setelah gedung ini terbangun.

Proses-proses dalam mencapai sertifikat GREENSHIP bagi gedung Kementerian Pekerjaan Umum dilakukan dengan komitment untuk menjadikan Gedung Kementerian Pekerjaan Umum sebagai bangunan pemerintah pertama yang memiliki sertifikat GREENSHIP.  Segala usaha dan kesungguhan ini pun terbayar dengan diterbitkannya sertifikat GREENSHIP berlevel Platinum pada bulan Maret 2013.

GBC Indonesia turut bangga atas pencapaian ini dan berharap agar dengan tercapainya sertifikasi GREENSHIP Platinum pada Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dapat mendorong gedung-gedung pemerintahan lainnya untuk memiliki komitmen yang sama.

Informasi lebih lanjut untuk Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dapat dilihat di link ini.

 (ang/gbci)