COP21 – Building Day : GBC Indonesia Member Commitment

IMG-COP21Sudah 10 tahun berlalu sejak Protokol Kyoto ditetapkan sebagai target global perubahan iklim. Negara-negara di seluruh dunia saat itu diminta untuk memberikan komitmen dalam upaya mengurangi gejala pemanasan global. Indonesia memberikan komitmen untuk menurunkan emisi sebesar 26% dari baseline tahun 2000 – 2005. Komitmen ini didukung penuh oleh Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) melalui program-program serta kerjasama dengan berbagai pihak.

 

Menjelang COP 21, setiap negara kembali diminta untuk memberikan komitmen mereka dalam Intended Nationally Determined Contributions (INDCs). INDCs Indonesia dapat dilihat di link ini.

 

Dalam rangkaian acara COP 21 yang akan diselenggarakan pada 1 – 8 Desember 2015, World Green Building Council (World GBC) bersama dengan organisasi Internasional lainnya seperti  UNEP, ICLEI, UN-Habitat dan WBCSD, mendapat kesempatan untuk mengadakan suatu forum khusus, yaitu Buildings Day yang akan diadakan pada tanggal 3 Desember 2015. Agenda dalam forum ini adalah pembahasan mengenai kontribusi bangunan dan sector konstruksi pada penurunan emisi dan pencegahan dampak yang lebih luas pada pemanasan global.

 

GBC MEMBER COMMITMENT

 

GBC Indonesia sebagai bagian dari WorldGBC mendapatkan kesempatan untuk turut mengundang para anggotanya (member) memberikan komitmen berupa pencapaian target tertentu ataupun program-program lain terkait.

 

Setelah menetapkan komitmen dan target, idealnya member membuat laporan yang dapat menunjukkan pencapaian yang terukur dan teruji.

 

Beberapa kerangka laporan yang dapat menjadi acuan antara lain :

 

Global Reporting Initiative     : link download disini
GRESB    : link download disini
Rating Tools : member menggunakan acuan dari perangkat tolok ukur bangunan hijau (dari Green Building Council maupun perangkat tolok ukur lainnya)

 

Sebagai contoh , beberapa target komitmen dari WorldGBC Corporate Member adalah sebagai berikut :

 

Lend Lease berkomitmen untuk mengembangkan bangunannya berdasarkan dua perangkat sertifikasi tertinggi yang berada di area tersebut.

 

City Developments Limited menargetkan penurunan emisi sebesar 22% pada tahun 2020 (baseline 2007)

 

Kontak terkait dengan program GBC Indonesia Member Commitment – COP 21 : Buildings Day
Anggita
(E) fe.anggita@gbcindonesia.org

 

(ANG)

***

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *