BCI Asia Awards 2014: Indonesia memenangkan Penghargaan Tingkat Asia untuk Green Design Competition

Jakarta, 23 Juli 2014

Pada tahun 2009, ketika awal mula GBC Indonesia berdiri dan memperkenalkan konsep bangunan hijau kepada pelaku bangunan dan juga pihak terkait lainnya, belum banyak yang paham serta memberikan tanggapan terhadap ajakan ini. Banyak pihak yang melihat konsep bangunan hijau adalah konsep yang ‘mahal’ dan belum tepat untuk diaplikasikan di Indonesia saat itu.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, pemahaman terhadap terbatasnya sumber daya alam, kontribusi bangunan terhadap emisi CO2 dan efek gas rumah kaca (GRK) atau pemanasan global, serta efisiensi energi dan air, maka konsep bangunan hijau mulai dikenal. Permintaan terhadap bangunan hijau mulai muncul. Pelopor bangunan hijau di Indonesia merasakan benar manfaat dari penerapan konsep berkelanjutan di bangunan mereka. Para inisiator konsep bangunan hijau di masing-masing sektor mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Komitmen serta testimoni mereka memberikan dampak positif, serta memacu pelaku-pelaku lain untuk melakukan hal serupa. Indonesia mulai familiar dengan konsep bangunan hijau, dan tingkat kesadaran masyarakatnya pun mulai meningkat.

BCI Asia, sebuah media konstruksi untuk kawasan Asia/Pasifik, turut mendukung penerapan konsep Bangunan Hijau di kawasan Asia. “BCI Asia Top 10 Awards” merupakan suatu bentuk penghargaan dari BCI Asia kepada 10 (sepuluh) Pengembang dan 10 (sepuluh) Biro Arsitektur di 7 (tujuh) negara di Asia (Hong Kong SAR, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Indonesia). “BCI Asia Top 10 Awards” sudah dimulai sejak tahun 2004. Namun sejak tahun 2012, point Bangunan HIjau ditambahkan dalam penilaian nominator BCI Asia Awards. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada tanggal 10 Juni 2014.

Selain BCI Asia Top 10 Awards, BCI Asia juga mengadakan “FuturArc Prize (Green design competition)” dan “FuturArc Green Leadership Award (Green built projects competition)”. Indonesia menjadi pemenang tingkat Asia untuk FuturArc Prize melalui rancangan para mahasiswa Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Gbr.1 Pemenang BCI Asia Top 10 Architects 2014

Gbr.1 Pemenang BCI Asia Top 10 Architects 2014

 Dari Indonesia, penerima penghargaan BCI Asia Top 10 Architects for 2014 adalah :

  1. PT. AIRMAS ASRI
  2. PT. ANGGARA ARCHITEAM *)
  3. PT. ARKONIN *)
  4. PT. DENTON CORKER MARSHALL JAKARTA – DUTA CERMAT MANDIRI
  5. PT. INDOMEGAH CIPTA BANGUN CITRA
  6. PT. MEGATIKA INTERNATIONAL
  7. PDW ARCHITECTS *)
  8. PTI ARCHITECTS
  9. PT. URBANE INDONESIA
  10. PT. WIRATMAN *)

Sedangkan penerima penghargaan BCI Asia Top 10 Developers for 2014 adalah :

  1. PT. AGUNG PODOMORO LAND TBK *)
  2. PT. AGUNG SEDAYU PERMAI *)
  3. PT. ALAM SUTERA REALTY TBK
  4. CIPUTRA GROUP *)
  5. PT. INTILAND DEVELOPMENT TBK *)
  6. LIPPO GROUP
  7. PT. PAKUWON JATI TBK
  8. SINAR MAS LAND *)
  9. PT. SUMMARECON AGUNG TBK *)
  10. PT. WIKA REALTY
Gbr. 2 Pemenang BCI Asia Top 10 Developers 2014

Gbr. 2 Pemenang BCI Asia Top 10 Developers 2014

GBC Indonesia turut berbangga sebab dalam jajaran nama tersebut muncul nama-nama member GBC Indonesia, yaitu Anggara Architeam, Arkonin, PDW Architects, Wiratman, Agung Podomoro, Agung Sedayu, Ciputra, Intiland Development, Sinarmas Land dan Summarecon Agung.

Selamat kami ucapkan kepada para pemenang. Diharapkan semangat untuk penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau akan semakin melekat dan mengakar di Indonesia.

Informasi lebih lanjut untuk BCI Asia Top 10 dapat dilihat di link berikut

(ang)

 *) member GBC Indonesia


Warning: Missing argument 1 for cwppos_show_review(), called in /home/gbcindon/public_html/blog/wp-content/themes/flat/content-single.php on line 29 and defined in /home/gbcindon/public_html/blog/wp-content/plugins/wp-product-review/includes/legacy.php on line 18