BCI Asia Award 2013 Indonesia

Jakarta, 12 Juni 2013

Foto 1:  Perwakilan ICI Paints memberikan sambutan sebagai pendukung acara

Foto 1: Perwakilan ICI Paints memberikan sambutan sebagai pendukung acara

Istilah bangunan hijau/green building di Indonesia merupakan sesuatu yang baru terdengar beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, keberadaannya perlu untuk disosialisasikan serta diterapkan mengingat bangunan mengkontribusi 1/3 dari total emisi gas rumah kaca dunia. Salah satu cara yang dapat dilakukan antara lain melalui penghargaan terhadap pelaku-pelaku bidang bangunan yang menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau.
Pada tanggal 11 Juni 2013, bertempat di  Hotel JW Marriot, BCI Asia kembali menganugerahkan penghargaan kepada para pelaku di industri bangunan yaitu  BCI Asia Awards 2013. Salah satu poin penilaian yang dititikberatkan dalam BCI Asia Awards 2013 adalah aspek keberlanjutan.  Hal ini dapat dilihat dalam kriteria penjurian. Acara ini diselenggarakan di 7 (tujuh) negara di kawasan Asia, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam dan dihadiri oleh para arsitek ternama dan profesional di bidang bangunan antara lain pengembang, kontraktor dan konsultan. 

BCI Asia Top 10 Awards memberikan pengakuan kepada pengembang dan perusahaan arsitektur yang secara aktif melakukan pembangunan dan memiliki volume terbesar secara regional. Penghargaan ini juga merupakan cara untuk mendorong perusahaan-perusahaan terkemuka untuk berusaha menghasilkan desain arsitektur bertanggung jawab secara sosial serta memberikan perhatian terhadap lingkungan di sekitarnya. Penghargaan ini diberikan kepada sepuluh pengembang serta sepuluh biro arsitek di Indonesia.

Beberapa member GBC Indonesia turut memenangkan penghargaan bergengsi ini, yaitu :

Foto 2: Pemenang Top 10 Architects

Foto 2: Pemenang Top 10 Architects

Top Ten Architects :

Anggara Architeam PT
PDW Architects
Tetra Desain Indonesia PT

Top Ten Developers :
Agung Podomoro Land Tbk PT
Ciputra Group
Intiland Development Tbk PT
Sinar Mas Land
Summarecon Agung Tbk PT
Wijaya Karya Realty PT

Foto 3: Pemenang Top 10 Developers  bersama Ibu Naning Adiwoso

Foto 3: Pemenang Top 10 Developers bersama Ibu Naning Adiwoso

Adanya penghargaan ini sejalan dengan semangat GBC Indonesia dalam menggalakkan kepedulian terhadap bangunan hijau di Indonesia.  Dengan adanya member-member GBC Indonesia yang menjadi pemenang, hal ini menunjukkan bahwa member GBC Indonesia sungguh-sungguh menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan.
GBC Indonesia turut bangga atas prestasi mereka serta mengucapkan selamat kepada member GBC Indonesia yang menjadi pemenang BCI Asia Awards 2013 Top Ten Developer dan Top Ten Architects . Diharapkan semangat untuk penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau akan semakin meluas dan menjadi pemicu untuk berkembangnya bangunan hijau di Indonesia.

Dikutip dari : www.bciasia.com