Asia Pacific Leadership in Green Building Awards 2016

WorldGBC-Asia-Pacific-Awards-official-logo

Setelah sukses besar pada tahun 2014, World Green Building Council’s Asia Pacific kembali mengadakan Asia Pacific Leadership in Green Building Awards. Acara penghargaan ini menjadi showcase serta tempat untuk merayakan pencapaian dari para pelaku bisnis serta inovator dalam kawasan Asia Pacific dalam upaya mereka menjadi pelopor penerapan konsep bangunan berkelanjutan.

Penghargaan ini terbagi dalam dua kategori :

  1. The Business Leadership in Sustainability Award ; ditujukan untuk perusahaan yang menerapkan prinsip keberlanjutan dalam model bisnis mereka serta memberikan kontribusi terhadap perubahan lingkungan, khususnya di area lingkungan terbangun. Mereka yang masuk dalam kategori ini adalah mereka yang memahami bahwa keberlanjutan merupakan suatu peluang bisnis jangka panjang, mampu mendemonstrasikan penerapan prinsip keberlanjutan dalam operasional perusahaan mereka baik secara internal maupun eksternal, serta menunjukkan kepemimpinan di sektor keberlanjutan diantara industri terkait.
  2. The Leadership in Sustainable Design and Performance Award ; ditujukan untuk proyek bangunan hijau yang menjadi pelopor serta mampu menghadirkan aspek-aspek desain keberlanjutan dan kegunaannya secara menyeluruh. Bangunan hijau yang dapat masuk dalam kategori ini adalah bangunan yang mampu untuk berada selangkah di depan serta menjadi contoh bagi bangunan hijau lainnya. Bangunan ini dapat meminimalisasi dampak serta memperbesar dampak positif, baik kepada lingkungan maupun terhadap manusia sebagai penghuninya. Terdapat 3 sub kategori di bawah kategori ini, yaitu : kawasan hunian (residential), komersial serta bangunan publik.

Penghargaan ini terbuka bagi perusahaan dan proyek bangunan hijau dengan segala luasan di seluruh Indonesia.

Mengapa Penghargaan ini penting untuk diberikan?

  • 60 persen dari populasi dunia tinggal di kawasan Asia Pasifik, dengan lebih dari 2 Milyar penduduk di daerah urban dan diperkirakan akan mencapa 3,3 Milyar pada tahun 2050.
  • Berdasarkan informasi tersebut, pembangunan dengan konsep rendah karbon sangat penting untuk menjamin kualitas hidup yang baik bagi penduduk yang ada, sekaligus meminimalkan dampak negative terhadap lingkungan serta memaksimalkan peluang ekonomi.
  • Penghargaan ini adalah satu-satunya penghargaan yang memberikan apresiasi untuk pencapaian bangunan hijau di seluruh kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 2014, terdapat 128 nominasi dari 15 negara dan diperkirakan akan menjadi lebih banyak lagi pada tahun 2016 ini. Profil pemenang tahun 2014 dapat dilihat disini.

Mengapa perusahaan atau bangunan hijau harus mendaftar untuk Penghargaan ini?

  • Meningkatkan profil – Finalis dan pemenang dari Penghargaan ini akan ditampilkan pada jaringan media World Green Building Council.
  • Tim penilai yang kompeten – Nominasi yang masuk akan dinilai oleh tokoh-tokoh terpandang di sektor bangunan hijau.
  • Pengakuan – Penghargaan ini merupakan kesempatan untuk merayakan keberhasilan anda dalam mewujudkan bisnis yang sukses maupun bangunan yang memiliki pengaruh besar dalam masa depan bangunan hijau di kawasan Asia Pasifik.

CARA PENDAFTARAN

  1. Untuk dapat menjadi salah satu nominasi, formulir pendaftaran untuk The Business Leadership in Sustainability Award dapat diunduh disini; sedangkan untuk The Leadership in Sustainable Design and Performance dapat diunduh disini.
  2. Batas waktu pendaftaran adalah 15 Juni 2015.
  3. Donasi pendaftaran adalah sebesar USD 100 per nominasi
  4. Formulir yang telah diisi dikirimkan ke Green Building Council Indonesia melalui email fe.anggita@gbcindonesia.org.

Timeline Awards:

  • Penerimaan aplikasi nominasi – 14 January 2016
  • Penutupan penerimaan aplikasi – 22 Juni 2016
  • Pengumuman Finalis – 5 September 2016
  • Pengumuman Pemenang – 29, 30 September atau 1 Oktober 2016 (TBC)

Informasi lebih lanjut terkait dengan Penghargaan ini dapat mengunjungi www.worldgbc.org/apnawards.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *