Tujuh Bangunan Hijau Dapat Sertifikasi GBCI

Ilustrasi: properti

Ilustrasi: properti (sumber: JG/Safir Makki)

Saat ini baru ada dua gedung besertifikat hijau kategori platinum di Indonesia. Green Building Council Indonesia (GBCI) atau Konsil Bangunan Hijau Indonesia menargetkan dapat menyertifikasi enam hingga tujuh bangunan hijau pada tahun ini.

“Dua gedung itu, satu proyek eksisting yaitu Menara BCA di Jakarta dan satu gedung baru milik PT Dahana yang akan digunakan untuk bagian administrasi di Subang,” ujar Deputy of Organizations & Special Events GBCI Bintang Nugroho sela diskusi Menuju Indonesia Hijau di Jakarta, Rabu (27/6).

Bintang mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menyelesaikan  sertifikasi tiga bangunan di Jakarta agar mendapatkan kategori platinum. Namun, dia tidak bisa menyebutkan tiga gedung yang sedang diproses tersebut.

“Saya tidak bisa sebutkan apakah gedung itu juga sudah dapat kategori gold ke platinum atau dari lainnya,” terang dia.

Kendati demikian, dia menargetkan sebanyak 6-7 gedung mendapatkan sertifikasi bangunan hijau hingga akhir tahun. Sedangkan jumlah bangunan yang telah mendaftar untuk disertifikasi sebanyak 80-an gedung, baik untuk perkantoran, apartemen, ritel, dan lainnya.

“Tapi mayoritas pendaftar untuk gedung perkantoran di Jakarta. Ada juga pendaftar dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung,” ujar Bintang.

Selain akan menyertifikasi 6-7 gedung, GBCI juga tengah menyusun standar penilaian bangunan hijau untuk kawasan perumahan bernama Sustainable Neighborhood. Standar ini diperkirakan akan diluncurkan pada pertengahan atau akhir tahun 2013.

“Ada enam kriteria yang dinilai, di antaranya hemat lahan, air, energi, kualitas udara dalam ruangan, material bangunan yang dapat didaur hidup, dan manajemen lingkungan,” papar Bintang.

Penulis: ID/Eko Adityo Nugroho/Feriawan Hidayat