Seminar GlassTech Asia 2011

GlassTech – 28 November 2011. Asia-Pacific Green Building Seminar merupakan acara yang dilaksanakan berdampingan dengan acara GlassTech Asia Expo 2011. Seminar ini merupakan kolaborasi antara Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia) dengan Singapore Green Building Council (GBC Singapore) yang difasilitasi oleh pihak Conference & Exhibition Management Services Pte. Ltd ( CEMS) selaku penyelenggara GlassTech Asia 2011. Seminar ini mengundang anggota-anggota dari GBC Indonesia dan GBC Singapore, juga peserta pameran serta para pemangku kepentingan.

Acara dibuka oleh sambutan Bapak Nyoto Irawan selaku Steering Board dari GBC Indonesia. Bapak Nyoto menekankan, bahwa sebagai negara yang berkomitmen untuk menurunkan emisi dan juga anggota dari G20, maka Indonesia harus bergerak cepat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan gerakan hijau. Bangunan ramah lingkungan merupakan salah satu jalan untuk dapat menurunkan emisi, dan tentu saja upaya ini dijalankan secara serius oleh GBC Indonesia. Sambutan selanjutnya disampaikan Mr. Ng Eng Kiong, Wakil Presiden Pertama Singapore Green Building Council Indonesia.

Seminar ini menghadirkan Priyanto Hadi Sasono selaku keynote speaker dengan topik rancangan bangunan hijau dengan desain pasif melalui selubung bangunan untuk penghematan energi. Sebagai pembicara tamu, juga hadir Bapak Pandita dari Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta. Bapak Pandita memaparkan rencana Pemda DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai Bangunan Ramah Lingkungan. Pergub direncanakan pengesahannya bulan Desember 2011.

Dari GBC Singapore, Ms. Jaya Tan Jia Yee memaparkan Singapore Green Building Code of Conduct, dan terakhir Ms. Vidhi Yaduvanshi dari Frost and Sullivan memberikan informasi mengenai kesempatan yang didapatkan dengan melalui penerapan konsep bangunan ramah lingkungan.

Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta, dan diakhir acara masing-masing peserta mendapatkan sertifikat tanda kehadiran. Kolaborasi antara GBC Indonesia dan GBC Singapore diharapkan akan mempererat hubungan antara Green Building Council di Asia Pasifik.

by: Anggita